Sabtu, 06 Agustus 2011

"Aktivitas Anakku Di Al-Zaytun"

Assalamu'alaikum.
Semangat pagi meski dengan cuaca ekstrim super dingin.
Dah lama gak utak-atik blog. Sekarang terinspirasi teman saya di Jakarta untuk kembali nulis di blog. Kebetulan sama-sama orangtua yang anaknya sekul di Al-Zaytun. Curahan hati seorang ibu menyikapi berbagai pemberitaan media yang berpakem "Bad news is good news" terhadap Ponpes Al-Zaytun. Berikut tulisannya :

AssaLamu'aLaikum para Sahabat ku..
Semangat pagiii.. di buLan Ramadhan..
ALhamduLiLLah.. di pagi ke 6 memasuki buLan Ramadhan ini, Hati dan Semangat saya begitu berGELORA.. (^_^)' meNikmati INDAHnya buLan Suci ini. TerLebih tanpa saya sengaja, saya bisa menikmati suasana Ramadhan yang berbeda dari biasanya. Sebab seLama satu Pekan ini, saya menjaLankan Ibadah Syaum di sebuah Pesantren dimana anak-anak saya berSekoLah, yaitu di Ma'had AL ZAYTUN.
AwaLnya ketida
k sengajaan ini karena saya harus memberikan Surat VaLidasi atas kepindahan anak saya yang duLunya sekoLah di SD Negeri Jakarta, dan saya pindahkan ke Pesantern Ma'had AL ZAYTUN.

Sebenarnya bisa saja surat itu saya kirim via Paket surat, tapi.. karena jadwaL kerja saya sangat Longgar untuk buLan ini.. maka saya merasa tidak ada saLahnya jika saya mengirimnya Langsung untuk datang ke Ma'had agar saya bisa menengok anak - anak saya, yang biasanya mereka yg puLang ke rumah tiap Pekannya.

Rencana semuLa, saya hanya akan menginap di Mahad 3 hari saja, yaitu Jum'at sampai Ahad. tapi.. tanpa sengaja juga saya menyampaikan sebuah "IDE" pada seorang umi Pengasuh di Mahad yang kebetuLan beLiau sebagai WaLi Kamar dimana anak saya tinggaL
. Saya mengusuLkan : Untuk PengeLoLaan Limbah PLastik bekas Bungkus produk makanan dan Lainnya. Karena usuLan saya itu baik.. maka saya di sarankan ikut Hadir daLam Rapat BuLanan Laporan Menegman Asrama AN NUR. Karena tiap Asrama punya keBijakan masing-masing dan mempunyai Hak Otonom daLam pengeLoLaan Asramanya. KebetuLan di Ma'had AL ZAYTUN itu memiLiki 5 Asrama, yaitu AL MADANI, AL FAJAR, PERSAHABATAN, AL MUSTHOFA dan AN NUR.

Nah, karena saya di perkenankan untuk ikut Rapat.. maka kePuLangan saya pun di undur, sebab Rapat itu di adakan Senin pagi jam 8 "Teng" seteLah para pengurus Asrama itu meLaksanakan bersih-bersih Lingkungan di setiap asrama masing-masing. Dan terNyata.. SubhanaLLah.. di Ma'had itu terbiasa "Tepat Waktu". Jam 8 "Teng" acara Rapat di muLai. DisiniLah saya berfikir.. : Oo.. t
ernyata.. para civitas Ma'had Luar Biasa mengHARGAI WAKTU (^_^)'. ALhamduLiLLah..

DaLam rapat, saya adaLah perwakiLan dari WALI SANTRI yang kebetuLan saat itu ada 3 para WaLi Santri yang ikut hadir di acara rapat tersebut, 2 orang Lainnya perwakiLan dari Bekasi, beLiau itu adaLa
h para "SukareLawan" yang berpartisipasi menyumbangkan ILMU nya, untuk Sharing tentang PSIKOLOGI ANAK. ALhamduLiLLah.. saya pun bisa keCipratan ILMU tentang Karakter & Jiwa anak. SekaLi Lagi.. BENAR.. !!" SiLaturahmi itu banyak sekaLi Manfaatnya. (^_^)'

LaLu kemudian.. karena IDE saya ini sangat meLibatkan semua pihak.. maka saya di sarankan menyampaikan Langsung ke SEKRETARIAT Ma'had AL ZAYTUN di Gedung ABU BAKAR ASYIDIQ. Lagi-Lagi.. saya harus undurkan jadwaL kepuLangan saya, karena untuk bertemu dengan Ustadz ALI tidak mudah, sebab beLiau cukup padat jadwaLnya. Hari Rabu jam 5 sore, saya baru bisa bertemu beLiau yang sebeLumnya saya sudah buat janji untuk bertemu.

ALhamduLiLLah.. pertemuan di gedung Abu Bakar berjaLan Lancar, dan ide saya di terima dengan baik. Dan saya kembLi berFIKIR.. : Kenapa.. Isyu- isyu yang berEdar di Luar sana TIDAK TERBUKTI yaa.. ??? katanya : Ma'had AL ZAYTUN ituuu.. TERTUTUP... ??? Ternyata Tidak. Buktinya saya dan para WaLi Santri diPerkenankan ikut Rapat, ternyata saya boLeh berkunjung ke Tempat PembeLajaran anak-anak.. baik di gedung Tansri maupun di gedung ALI. Bahkan saya pun di sambut baik di bagian Sekertariat nya. Hayooo... orang-orang yang mengGOSIPkan Ma'had.. DOSA tuuu.. udah Ghibah dan Su'udzon tentang Ma'had AL ZAYTUN... Ayooo... Minta Maaf.. ke Ma'had, biar Ibadah Syaumnya di Terima ALLAH... hehehe.. (^_^)'

Nah.. akhirnya.. karena saya harus bertemu dengan banyak orang maka jadwaL kepuLangan saya terus di undur, maka swami saya mengijinkan saya untuk tinggaL di Ma'had seLama sePekan. ALhamduLiLLah.. saya bisa dengan LeLuasa meLihat kegiatan anak-anak saya di Ma'had seLama buLan Ramadhan ini. (^_^)'

SeLama sepekan seharusnya saya bisa meninjau ke berbagai tempat di Ma'had, tapi.. karena saya TIDAK memiLiki jiwa JURNALISTIK, jadi.. saya kurang respek dan tidak tau apa saja yang harus saya PERHATIKAN.

Ssssyyyuuuuutttt.... tapi ada satu haL yang menarik, yang membuat Hati saya tergeLitik untuk meniLik. (^_^)'

Anda ingin tau.. ??? Baik akan saya ceritakan.

Tiga hari di awaL keberadaan saya di Mahad, saya sangat merasa keLeLahan yang Luar biasa. Bayangkan... saya yang hanya membawa 1 Sepatu Hak Tinggi.. harus berjalan mondar-mandir di Ma'had yang jarak satu tempat ke tempat Lain berkiLo-kiLo meter jaraknya. Masya ALLaaahhhh... Luar Biasa Cape dan PegaLnya.. (^_^)' SaLut saya pada yang membuat DENAH atau ARSITEK Ma'had AL ZAYTUN ini. Sebab mau tidak mau.. anak-anak di biasakan untuk seLaLu OLah Raga jaLan santai setiap harinya. Nah, karena keLeLahan seLama 3 hari di awaL, saya seLalu TIDUR... setiap seLesai shoLat Magrib dan saya Lakukan shoLat Isya berbarengan dengan ShoLatuL LaiL. Mohon ampun hamba ya Allah.. soaLnya ngantuk berat. (^_^)' demikian puLa seLesai shoLat Subuh, mata saya langsung Lengket tidak bisa di ajak kompromi. Otomatis saya tidak pernah tau.. apa saja kegiatan anak-anak di Asrama AN NUR, yg kebetuLan saya di boLehkan tidur mendampingi anak saya. Hehehe.. Lumayan.. Hemat Dana.. cos' ga perLu menginap di HoteL AL ISLAH. (^_^)'

BaruLah hari ke 4, tubuh saya sudah muLai Fit bisa meLihat Langsung semua kegiatan anak-anak di Asrama AN NUR itu.

Anda ingin tau.. Sahabat ku ??? Apa saja yang di Lakukan anak-anak Generasi Emas kita di Ma'had sana.. ???

SubhanaLLaaahhh.. Rasa Syukur yang tak TerHingga.. ya ALLAH.. saya kagum pada mereka semua..

Kagum pada para Umi Pengasuh.. Kagum pada Para aby Pendidik.. Kagum pada para ustadz dan ustdzah Muda yang membimbing anak-anak kami.. dan terLebih Lagi Kagum pada anak-anak ku semua yang bersekoLah di Mahad AL ZAYTUN.

Bayangkan jam 3 pagi mereka sudah terbiasa Bangun. Lalu mereka menyiapkan makanan untuk saur, dari anak keLas 4 MI sampai keLas 12 ALiyah, mereka ambiL sendiri makanan untuk saur mereka di Gedung AL AKBAR dekat Kitcen. dan anak-anak keLas 3 sampai keLas 1 MI di siapkan oLeh para umi WaLi kamar masing-masing. kemudian mereka sahur. SeLesai sahur.. sambiL menunggu Adzan Subuh ternyata di isi dengan kegiatan Rapi-rapi kamar. Setiap harinya mereka bergiLiran tugas, ada yg mengepeL Lantai ada yang menyapu, bersihkan kamar mandi dan buang sampah juga bersihkan Rak sepatu & kaca JendeLa dan ini yang "menarik" mereka merapikan tempat tidurnya masing-masing sambiL diHIAS dengan Boneka dengan susunan yang RAPI & CANTIK. Luar.. Biasa.. (^_^)'. SeLesai itu semua.. mereka mandi dan di Lanjut ShoLat Subuh, khusus anak-anak keLas MI mereka ShoLat Subuh di SeLasar Asrama. dan untuk anak-anak santri Tsanawiyah dan ALiyah ShoLat Subuh di Mesjid AL HAYAT. SeLesai shoLat subuh mereka meLakukan hafaLan AL QUR'AN sampai jam 6 mereka Berangkat berduyun-duyun menuju SekoLah di tempat PembeLajaran masing-masing. Saya Bangga Pada KaLian anak-anak ku.. (^_^)' sekaLigus terHARU.. :'(

SepuLangnya dari sekoLah sekitar jam 1.30 siang, mereka rehat, ada yg bermain ringan atau baca buku cerita, ada juga yang tidur siang, di Lanjut mandi sore dan ShoLat Ashar di kamar masing - masing dan mereka seLaLu dibiasakan ShoLat BERJAMA'AH. Hebat kaaannn.. anak-anak kita.. kita pun kaLah KOMPAK dengan mereka.. (^_^)'

SeLesai shoLat Ashar bersama, mereka Lanjut bermain yang Lumayan menguras tenanga, ada yg Badminton di seLasar, ada yg Lompat taLi. ada juga yang berLari-Lari dan jika ada Pekerjaan Asrama ( Pe'eR) mereka akan Lakukan tugasnya duLu. MenjeLang Magrib kembaLi mereka merapikan kamar masing-masing, menyapu, mengepeL saja. karena yang Lain sudah diLakukan saat pagi tadi. kemudian mereka siapkan untuk buka Puasa yang memang sudah di sediakan di Lantai satu AN NUR, jadi anak-anak mengambil bersama, biasanya ada yang di tugaskan sebanyak 3 orang untuk mengambiLnya ke bawah atau di Lantai satu.

SeLesai buka puasa.. mereka kembaLi ShoLat berJama'ah di kamar masing-masing dan seLaLu bergantian untuk mendapat Tugas IMAM juga IQOMAH. SeLesai shoLat Magrib kembaLi mereka mengHafaL suart-surat pendek AL QUR'AN, sampai tiba shoLat Isya. SambiL menunggu shoLat Isya.. masih dengan MUKENAHnya mereka bercengkerama dengan Riang sambiL berLari-Lari, saat adzan Isya berkumandang mereka Siap ShoLat berJama'ah bersama dan terus di Lanjut dengan ShoLat Tarawih. untuk anak-anak MI mereka Lakukan ShoLat Tarawih di Selasar Asrama masing-masing.

Antara jam 8.30 atau menjeLang jam 9 shoLat Tarawih seLesai diLakukan. Kemudian seLesai Tarawih mereka kembaLi ke kamar masing-masing, dan mereka diharuskan Langsung Rehat. bagi yang MI. Tapi bagi yang Tsanawi dan ALiyah, WAJIB TADARUS AL QUR'AN hingga jam 9.30 maLam.

Nah.. saudara ku semuanya..

Begitu INDAH.. aktivitas mereka di Mahad AL ZAYTUN..

Begitu CANTIK.. kegiatan IBADAH di kemas dengan menarik, hingga mereka meLakukannya dengan TuLus dan Penuh keRIANGan..

Kisah ini sengaja saya sampaikan pada anda semua.. sesuai yang saya Lihat tanpa ada yang saya Lebihkan. Insya ALLAH.

LaLu dimanakah Letak Negatifnya.. ????

LaLu dimanakah Letak Sesatnya.. ????

Semoga apa yang saya sampaikan di buLan Ramadhan yang SUCI ini.. bisa masuk ke daLam Hati kita yang paLing daLam.

Semoga apa yang saya sampaikan di buLan Ramdhan yang penuh Berkah ini bisa mengHILANGkan Titik HITAM di HATI kita yang seLaLu Su'udzon.

Yaaa... ALLAH yaa.. Robbi, yang Maha Tau akan segaLa sesuatu..

Yang Maha KUASA atas segaLa sesuatu..

Jika dengan Berita yang saya sampaikan ini.. masih juga mereka berFIKIR NRGATIF tentang Ma'had AL ZAYTUN...

Maka kami tidak berHak apa pun atas mereka... Cukup Engkau Lah yaa.. ALLAH, yang membaLasnya. Baik untuk perbuatan kami.. atau pun perbuatan mereka yang seLalu su'udzon atas Ma'had AL ZAYTUN.

Semoga Ikatan Ukhuwah yang seLaLu kita Banggakan dan seLaLu kita kumandangakan akan segera TERWUJUD di Tanah Air terCinta ini. Aaamiiiiin... ya RobbaL'aLamiiiin.. :'(

Buah Karya : Umi Tuti Sugiarti.

NB : OLeh-oLeh kunjungan tak di Sengaja ke Mahad AL ZAYTUN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar