Sabtu, 06 Agustus 2011

"Ditawar 4,5 Juta Gak Kukasih Mas"

Assalamu'alaikum.
Masih dengan semangat pagi. Meski sudah agak siang, namun cuaca masih ekstrim super dingin.
Ngeliat kubis yg besar-besar membuat ingin menulis. Siapa tau saya atau teman-teman juga pengen jadi petani kubis.
Saat bersepeda motor, terlihat hamparan hijau di sawah pinggir jalan tampak kubis besar-besar dan siap panen. Sesaat aku berhenti. Tertarik mengamati. Maklum aku dulu tinggal di Surabaya, yang ada asap kendaraan dan cuaca yang panas.

Aku bertanya pada Pak Heri, pemilik kubis.
"Per biji biasanya berapa mas?".
"Sekarang harganya lumayan MAs, 1500-2000 per biji. TAdi ada yang nawar mau nebas 4,5 juta gak aku kasih. Ini semua kira-kira sekitar 2,5 ton Mas."
"Berapa modal semuanya yang keluar ?"
"Aku habis modal 600 ribu bwt sewa Luku, pupuk, bibit, tenaga. Dah Mas. Mentok segitu yang aku keluarkan."
"Trus panennya berapa lama ini Mas?"
"Kalo kubis ini umurnya 2 bulan dah panen MAs."
"Hmmmm... berarti bersih 4 juta untuk 2 bulan ya ? Per bulan 2 juta," aku mulai utak-atik ngitung laba. Lumayan juga ternyata... hehehe...
"Kebetulan ini harganya lumayan tinggi MAs. Sebetulnya ini masih beberapa hari lagi baru panen. Tapi aku takut harganya jatuh, makanya aku panen duluan."
"Emang kalo jatuh harganya nyampe berapa ?"
"Bisa 500 per biji Mas. Ini sedang bagus-bagusnya bisa 1500 sampe 2000 per biji."
"Ok. Thx infonya."

Setelah foto-foto sebentar, aku lanjutkan perjalanan.
Tapi aku lupa nanya luas tanahnya. Menurut perhitunganku... kurang lebih 1500-2000 m2.

Luar biasa.... Lumayan buat referensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar